BRIAN MAY, guitaris Queen.


GITARIS tangguh band rock kondang Queen, yakni Brian May (60), ditetapkan sebagai Rektor Liverpool John Moores University, Inggris. May, yang ikut menulis lagu-lagu terkenal Queen, seperti “Bohemian Rhapsody” atau “Love of My Life“, akan memangku jabatannya sebagai pimpinan kehormatan universitas itu sejak Februari 2008 mendatang saat ia mengambil alih tugasnya itu dari Cherie Blair, istri mantan Perdana Menteri Inggris ,Tony Blair.

“Tentu saja saya akan merayakannya nanti malam. Bagaimana caranya? Dengan daging panggang vegetarian dan segelas anggur pilihan!” kata Brian May dalam pernyataannya yang dirilis universitas tersebut dan dikutip kantor berita AFP, Senin (19/11).

BrianMayChancellorMay meraih gelar doktor dalam bidang astrofisika bulan Agustus tahun ini. Sebenarnya, May memulai penyusunan disertasi Ph.D.-nya tahun 1974 lampau, namun meninggalkan kegiatan akademis seiring melambungnya popularitas band Queen. Sepeninggal mendiang Freddie Mercury November 1991, vokalis Queen yang terdera AIDS, Brian May lalu memilih untuk kembali menekuni studinya mulai tahun 2006 lalu.

Ia mesti membersihkan tumpukan catatan kuliahnya yang tertutup debu karena terlampau lama terabaikan dan kemudian menyerahkan tesis doktornya bertajuk “Kecepatan Radial Dalam Awan Debu Zodiak” yang terdiri dari 48.000 kata kepada Kepala Departemen Astrofisika Imperial College, Profesor Paul Nandra. Tugasnya sebagai rektor kehormatan akan meliputi memimpin upacara wisuda dan mewakili universitas di berbagai kegiatan khusus.

“Brian May adalah pribadi yang sangat berbakat yang mencapai sukses global bersama kelompok band rock Queen,” kata kepala eksekutif dan wakil rektor universitas, Profesor Michael Brown, seraya berujar, “Dalam masa budaya pesohor kini, jarang ditemukan seorang yang dikaruniai kemasyhuran, nasib baik dan pengakuan internasional, namun tetap mempertahankan nilai-nilai keyakinan hakikinya, yakni terus belajar dan memperoleh pencerahan.”

Sumber : Harian Pikiran Rakyat

 

Media Social, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *