Multimedia

 

Sejak era manusia berkenalan dengan komputer, terjadi revolusi bagaimana manusia saling berinteraksi dan berkomunikasi menggunakan bahasa komputer. Dan ini akan terus semakin memperkuat peran dari teknologi informasi di era digital ini. Artinya banyak orang mengartikan berkomunikasi bukan hanya sekedar kalimat verbal, tetapi sudah melibatkan rasa dan keindahan. Sebagai contoh bagaimana tampilan cetakan yang indah dari pengolah kata (Microsoft Word) hadir bukan hanya isi, tetapi lengkap dengan tata artistik halaman ke halaman. Media menyampaikan gagasan dan pikiran semakin dapat dirasakan.

Multi Media, adalah bahasa pengantar yang berisi Numerik, Text, Image, Audio, dan Video. Kini komputer kita dapat diperintah apa yang kita mau untuk menyampaikan pesan-pesan lebih singkat, efisien, dan semakin menarik tentunya. Di kalangan pelajar, instansi atau manajemen kantoran sudah tak asing dengan penggunaan “Power Point” yang berisi fokus pikiran, saling menghubungkan satu dan yang lain, sebagaimana pola yang dibangun oleh Mind Maping (Peta Pikiran).  Keahlian menciptakan media terletak pada kita sendiri, bagaimana usaha mendesain sebuah problem agar lebih mudah dipahami.

Komputer lah biang keladinya. Para kreator pembuat Software terus menerus mengembangkan sebuah aplikasi yang semakin menarik untuk diikuti. Seperti aplikasi umum yang banyak digunakan ; Microsoft Office, Corel (grafis desain) , Adobe (grafis desain, audio dan video), Auto CAD (arsitektur), Steinberg Tech (music editor), dll yang terus meningkatkan dengan hadirnya berbagai versi nya. Dan tentu saja bagi para penggunanya semakin banyak banyak harus mengenal berbagai istilah. Semakin sering digunakan pasti semakin fasih dan terampil.  Tak kalah hebat dengan penggunaan aplikasi yang dikembangkan untuk kebutuhan smartphone.

Di bawah ini adalah beberapa tulisan yang kiranya dapat membantu bagaimana secara teknis kita mengenal Multimedia System.

 

TUTORIAL GRAPHIC

  1. Corel
  2. TUTORIAL CORELDRA1
  3. TUTORIAL CORELDRAW
  4. Membuat efek MOZAIK
  5. Lens Effect Pada CorelDRAW
  6. Membuat Layout Halaman Majalah Efek Envelope
  7. Menguasai Teknik Transparansi Gambar
  8. Membuat Halftone CorelDRAW
  9. Adobe Photoshop
  10. Adobe Lightroom

Catatan : Untuk sekedar perbandingan dari berbagai aplikasi grafis, jika Anda akan mempelajari dan menggunakan grafis dengan garis dan warna yang tegas (vector) , pilihan Anda jatuh pada Corel Draw atau Adobe Ilustrator. Jika Anda akan mengolah photo , pilihannya adalah Adobe Photoshop atau Corel Photo-Paint.  Jika Anda akan mengolah warna dan cahaya untuk photo editing , pilih Adobe Lightroom.

TUTORIAL VIDEO

  1. Adobe-Premiere
  2. Adobe After Effect
  3. Vegas

TUTORIAL AUDIO (MUSIC)

  1. Adobe Audition
  2. Cubase
  3. Sounforge

TUTORIAL ARSITEKTUR (3D)

  1. Sweet Home 3D (free software)
  2. SketchUp (free software)

FREE DOWNLOAD PNG File file vector transparant background yang biasanya digunakan untuk insert picture di aplikasi apa saja.

 

Selamat Berkreasi.

 

Media Social, Share!

Leave a Reply

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.