Karya Siswa

Sebuah  bagian dari proses belajar Musik dalam kelas belajar adalah mengenal bagaimana tentang Komposisi Musik. Tentunya dalam keterbatasan materi, tidak sepenuhnya bersentuhan dengan hal yang terlalu detail. Paling tidak para siswa mengenal sebuah proses komposisi kecil, yakni Mencipta Lagu.

Secara singkatnya Lagu adalah syair yang disampaikan melalui gerak melodi. Lagu harus memiliki tema, yang akan terus berkembang menjadi lirik dan jiwa musikal (soul).

Proses nya adalah sebagai berikut :

  1. Teori dasar musik ;
  2. Menulis Lirik/Syair lagu berdasarkan pola lagu sepanjang 2-3 bait. Judul lagu diupayakan ada di baris pertama pada bagian Refrain.
  3. Membaca lirik menurut intonasi membaca (puitis).
  4. Menggerakkan langkah membaca secara berirama sebuah kalimat dalam bait tertentu. Umumnya diiramakan sepanjang 2 bar atau 4 bar dalam setiap kalimatnya.
  5. Memelodikan lirik kalimat pertama dalam bait. Baris berikutnya umumnya akan terdorong oleh kalimat pertama. Jika mampu memainkan instrument seperti gitar atau piano, ini akan lebih mudah. (lihat pembelajaran tentang akor)
  6. Melodi pada bagian refrain harus memberikan kesan emosi meninggi.
  7. Berlatih berulang-ulang hingga lagu memiliki ekspresi.
  8. Menuliskan notasi musik karya dalam notasi balok. Dalam hal ini menggunakan aplikasi MuseScore.
  9. Merekamnya secara sederhana, menggunakan iringan musik atau tidak, seperti menggunakan fasilitas recording pada SmartPhone atau aplikasi lain di Laptop/komputer.

Pengalaman yang asyik bisa buat lagu. Kamu pasti bisa.

Di bawah ini adalah beberapa karya siswa dengan konsep lagu Lagu Anak.

Lagu Karya Siswa dalam Notasi

  1. BINTANG_Juldan
  2. PUTRI BUNGA_Mala
  3. BERANGKAT SEKOLAH_Elgin
  4. BERNYANYI DAN MENARI
  5. BERNYANYI RIANG GEMBIRA

 Contoh hasil rekaman musik

Media Social, Share!