HARI MUSIK NASIONAL

music_plato

SW.R-Soepratmanebuah cara yang tepat kiranya negara memberikan penghormatan untuk sebuah karya luhur dari proses budaya, yaitu Musik. Musik memiliki kemampuan untuk dirasakan kembali dalam pikiran yang berbeda, berkemampuan menggerakan ruh dan fisik manusia karena memiliki bahasa yang universal. Dan pada tahun 2013, munculah Surat Keputusan Presiden RI, Bp. Susilo Bambang Yudoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, menetapkan bahwa tanggal 9 Maret adalah Hari Musik Nasional. Penetapan tanggal tersebut merujuk kepada tanggal lahir seorang tokoh nasional, W.R. Soepratman (9 Maret 1903), pencipta lagu “Indonesia Raya“. Sekarang, kita memiliki ekspresi untuk memperingati HMN, mengacu ke ingatan sejarah atau kemauan memuliakan musik di Indonesia.

Segenap bangsa Indonesia ingin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap ketokohan W.R. Soepratman (1903-1938) . Pencipta lagu itu tak sempat menjadi saksi dari lantunan lagu Indonesia Raja, setelah pembacaan teks proklamasi, 17 Agustus 1945. Meskipun demikian, Sukarno bersama para pemimpin pergerakan kebangsaan menganjurkan lagu Indonesia Raja dikumandangkan di gedung pertemuan, sekolah, dan lapangan demi capaian kemerdekaan Indonesia (B. Sularto, 1993). Pada masa 1930-an, lagu ini semakin menjadi ekspresi politik melawan kolonial.

Keppres itu juga menyebutkan, penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional itu mempertimbangkan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional, yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Semoga Musik Indonesia selalu mendapat tempat di seluruh hati masyarakat Indonesia. Selamat memperingati HARI MUSIK NASIONAL 2016.

Media Social, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *