KREATIVITAS KUNCI MASA DEPAN

Peradaban dunia tak mungkin berubah tanpa tangan orang-orang kreatif. Mungkin kita patut mengucapkan terimakasih pada siapa yang memunculkan internet, handphone, sepeda motor, mobil, fotografi, film,  dan semua yang sudah ada di depan mata kita. Sedetik pun orang-orang kreatif tidak pernah berhenti berpikir. Seluruh mahakarya orang-orang kreatif mewarnai seluruh kehidupan manusia.  Pertanyaannya apakah kita hanya akan menjadi penonton dan menikmati semuanya. Jawabannya adalah masa depan ada di tangan kita. Tidak ada yang tahu, mau seperti apa kita berperan dalam kehidupan manusia. Sosok kreator-kreator baru akan terus bermunculan dengan ide dan gagasan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan yang semakin cepat berubah.

Kreativitas

Kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang baru melalui keterampilan imajinatif, apakah berupa solusi baru untuk memecahkan masalah, metode baru atau perangkat, atau obyek artistik baru atau bentuk. Istilah ini umumnya mengacu pada kekayaan ide dan orisinalitas berpikir.

Dengan demikian kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sebuah gagasan dan ide-ide dengan cara baru, atau mengembangkan idedengan pendekatan yang tidak konvensional. Potensi kreatif diyakini ada pada setiap individu manusia. Sepanjang hayat manusia, begitu banyak pengalaman merasakan dan berpikir yang ia peroleh dari lingkungan dimana manusia terus belajar, menerima segala segala informasi untuk direnungkan dan dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih besar.

Kreativitas adalah kemampuan untuk melihat sesuatu dengan cara baru, untuk melihat dan memecahkan masalah yang orang lain mungkin tidak tahu, dan untuk terlibat dalam pengalaman mental dan fisik yang baru, unik, atau berbeda. Kreativitas merupakan aspek penting dari kehidupan seseorang, mulai dari dalam rahim dan seterusnya sampai dewasa.

Sifat Hasil Kreativitas

  1. Baru ; karya nyata yang langsung dapat dinikmati hasilnya.
  2. Pembaharuan ; Pengembangan ; memperbaharui karya yang memang sudah ada sebelumnya.
  3. Mengeram ; Mengendap ; sebuah ide dan gagasan yang tak langsung bisa diterima. Kreativitas ini melambung jauh melampaui jamannya (dibaca : fantasy)

Coba Anda renungkan sejenak, lihat sekeliling Anda, temukan dan definisikan.

Dimana karya seni berada ? Kita sering merasakan bahwa karya seni adalah buah karya yang sangat luar biasa dihasilkan para seniman. Dan kita seringkali tak habis pikir bagaimana seorang seniman bekerja untuk menghasilkan karya. Sebagai contoh, film-film fantasi menawarkan imajinasi yang berbeda di pikiran masa kini. Tapi toh masih mampu diterima. Karya seni tanpa fantasi tak akan menjadi apa-apa.

Belajar untuk mengalami dan merasakan adalah sebuah langkah yang baik untuk memberi dorongan positif bagi pengembangan imajinasi dan fantasi. Menonton, membaca, mendengar musik, menyanyi, melukis, dll , luangkan waktu sejenak untuk menyegarkan pikiran-pikiran kita.

Karakter Kreatif

Meskipun banyak orang menyamakan kreativitas dengan kecerdasan, dua istilah yang tidak sama, dan tidak perlu memiliki tingkat IQ jenius untuk menjadi kreatif. Sementara orang-orang kreatif memang cenderung memiliki atau atas rata-rata rata-rata skor tes IQ, diatas 120, dan memang ada hubungan sedikit antara kecerdasan dan kreativitas. Para peneliti telah menemukan pentingnya lingkungan keturunan dalam mempengaruhi kreativitas, dan kreativitas anak umumnya didorong dari rasa putus asa dengan pengalaman di rumah dan di sekolah.

Tes kecerdasan standar menunjukkan kreativitas itu proses berpikir konvergen, yaitu kemampuan untuk menemukan jawaban yang benar. Namun, kreativitas juga melibatkan proses berpikir divergen, yaitu kemampuan menemukan jawaban-jawaban baru yang tidak biasa.

Orang disebut kreatif cenderung memiliki karakteristik tertentu, termasuk kecenderungan untuk menjadi lebih impulsif atau spontan daripada yang lain. Ketidaksesuaian (tidak sama dengan mayoritas) juga bisa menjadi tanda kreativitas. Banyak individu yang kreatif secara alami tidak takut bereksperimen dengan hal-hal baru. Lebih jauh lagi, orang-orang kreatif sering tidak peduli terhadap tekanan, mungkin karena mereka juga cenderung mandiri dan tidak takut untuk menyuarakan perasaan mereka yang sebenarnya, bahkan jika mereka bertentangan dengan nilai-nilai yang biasa dipahami umum.

Siapkah Anda menjadi Kreator Baru Masa Depan

2045 , adalah tantangan jaman menuju Indonesia Emas. Bukan sesuatu yang mustahil ini menjadi nyata. Indonesia menjadi negara terkemuka di segala bidang. Dan itu semua perlu sebuah kerja keras semuanya. Dan membuka gerbang itu adalah kreativitas kuncinya.

Karena kreativitas bukan terjadi karena kebetulan, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi pembiasaan kreatif diantaranya adalah :

  1. Membangun —motivasi diri yang kuat untuk berubah dan berkembang.
  2. —Memiliki rasa ingin tahu yang besar, mengeksplorasi informasi.
  3. —Berani mencoba (experimental).
  4. Terus— berlatih untuk mengalami, dan mengasah keterampilan.
  5. —Memperkaya literasi pengetahuan apa saja.
  6. Membiasakan diri menemukan hubungan antar elemen bagi pemecahan masalah. (mind maping)
  7. —Disiplin dan Tanggungjawab.
  8. Mengembangkan rasa, peka, empati dan apresiatif. —dll

Kini Komputer dan Internet memberikan ruang yang sangat terbuka untuk terus memberikan ruang berpikir yang baru, yang terus berkembang. Jangan sia-siakan untuk terus bergaul dengan informasi dunia tanpa batas. Temukan….

Literasi Lainnya

  1. 7 Hal yang bikin Orang Bandung Kreatif Abis
  2. Masa Depan Ekonomi Indonesia ada di Industri Kreatif
  3. Memantik Kreativitas Kota Kreatif
  4. 5 Anak Muda Kreatif kebanggaan Indonesia
  5. Anak Muda harus kolaborasi buat konten kreatif
  6. Pengertian Kreatif dan Inovatif

(paw)

Media Social, Share!

Leave a Reply

  

  

  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.