Menjawab Keniscayaan Lagu Anak Indonesia

nyanyiIndonesia memang patut bersedih dengan hilangnya Lagu Anak Indonesia di tengah lesunya industri musik. Barangkali sebagian orang masih ingat beberapa hits musik Anak dekade terdahulu, seperti munculnya penyanyi anak Indonesia , Cicha Koeswoyo, Joshua, Ira Maya Sopha, Sherina, dll. Anak-anak Indonesia saat itu melalui bimbingan orangtuanya memiliki sebuah kegembiraan.

Lalu apa sich esensi lagu anak? Lagu bertema anak-anak biasanya menggambarkan suasana hati di usianya, seperti kesadaran tentang lingkungan, keluarga, sekolah, binatang kesayangan, permainan, sekolah, dll. Lagu anak ada menjadi teman kehidupan anak-anak dalam mengembangkan ekspresinya. Sayangnya itu semua entah mengapa hilang. Yang ada dan tertinggal hanya lagu klasik Anak Indonesia, seperti Hari Minggu, Naik ke Puncak Gunung, Topi Saya Bundar, Bunyi Hujan, dll.

Untuk menjawab itu semua, sebagai pengajar Seni Musik di SMA Negeri 2 Bandung, sejak beberapa tahun yang lalu siswa sudah diberikan pembekalan mengenai teknik komposisi musik. Secara sederhana siswa mengembangkan diawali dari penyusunan lirik yang memuat nilai-nilai edukasi bagi perkembangan anak. Dan selanjutnya adalah mencobakan dengan bahasa melodi dengan terlebih dahulu menemukan ritmik yang paling tepat. Jadilah sebuah lagu yang indah. Merekam musik pada jaman ini bukan sesuatu yang sulit. Dengan berbekal handphone saja, lagu sudah dapat direkam secara sederhana. Tetapi paling tidak, disana akan muncul sebuah karya yang indah.

Contoh seperti di bawah ini .

Dan ratusan lagi karya lagu Anak Indonesia, yang Insya Allah jika waktu memungkinkan lagu-lagu tersebut akan ditulis dan direkam lebih serius yang nantinya akan menjadi referensi bagi Musik Anak Indonesia. InsyaAllah..

Media Social, Share!

One thought on “Menjawab Keniscayaan Lagu Anak Indonesia

  1. Dengan alunan PUNK kailan, membakar semangat generasi muda Indonesia yg saat ini diracuni lagu lebay semangat terus Jerryng, Bobbycool, dan Ekarock .hancurkan generasi lebay .!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *