Sejarah Singkat Musik Jazz

jazz history
Louis Amstrong
Louis Amstrong

Jazz adalah seni yang penuh warna-warni dan ragamnya di dunia. Lahir di salah satu kota yang penuh warna dan ragam di New Orleans. Dari benih pertama ditanam oleh tarian budak diadakan di Kongo Square, diiringi oleh ansambel yang dipimpin oleh Buddy Belden dan Joe “King” Oliver, Jazz mulai pengembaraan yang panjang berliku di seluruh Amerika dan seluruh dunia. Jazz berkembang dalam ribuan warna yang berbeda-beda ;  swing, bebop, cool jazz, jazz-rock fusion, dll lahir dari ribuan musisi besar. Dalam “The History of Jazz”, digambarkan bahwa para legenda di garis musik jazz memulai dengan gaya baru di mana musik itu berkembang.
Berikut adalah raksasa jazz yang memiliki catatan besar dalam sejarah jazz :
1. Jelly Roll Morton (“the world’s greatest hot tune writer “)
2. Louis Armstrong (pertengahan 1920 sebagai sebuah institusi yang paling berjasa dalam melahirkan jazz)
3. Duke Ellington di Cotton Club
4. Gerry Mulligan,
5. Stan Getz,
6. Lester Young,
7. Charlie Parker 1955
8. Miles Davis di Festival Jazz Newport,
9. Ornette Coleman (percobaan dengan keadaan tanpa nada)
10. Pat Metheny tentang jazz-rock fusion,
11. Wynton Marsalis (pemusik kontemporer)

 

Legenda musik Jazz “Miles Davis – John Coltrane”

Jazz merupakan sebuah potret hidup musisi, memiliki semangat yang tercermin dalam musik yang mereka ciptakan. Jazz lahir di tanah berawa di Delta Mississippi, rumah-rumah bordil di New Orleans, pesta-pesta di Harlem,  Chicago, kehidupan kota yang korup di Kansas, Cotton Club, Savoy, dan tempat lain di mana sejarah jazz pernah dibuat. Dan saat ia menelusuri penyebarannya, Gioia memberikan pandangan  jazz terbentuk sesuai dimana kehidupan sosial musik itu dilahirkan. Perkembangan teknologi membantu mempromosikan pertumbuhan jazz – bagaimana ragtime berkembang dari tangan-tangan piano player. Jazz semakin popular dalam industri rekaman pada tahun 1920. Selanjutnya Bebop tumbuh disebutkan lahir dari kerusuhan rasial 1940-an dan ’50-an. Musisi kulit hitam tidak puas dengan menjadi penghibur, ingin diakui sebagai praktisi suatu bentuk musik serius.  Jazz adalah sebuah seni yang cepat beradaptasi, memuaskan semua dengan sifat praktisnya dan cepat berubah warna.

Kini Jazz memiliki bentuk dan ragam yang terus memperkaya sejalan dengan dinamika gaya hidup masyarakat. Banyak ragam jazz tumbuh dan lahir mewarnai , seperti : fusion, be bop, funk, jazz rock, dll. Bahkan di Indonesia sendiri tidak sedikit muncul berbagai event yang mengusung nama Jazz , seperti : Java Jazz Festival, Jak Jazz, Bali Jazz, Ngayogya Jazz, Jazz Goes to Campus, dll.

 

*Migrasi dari my.opera.com/paw_rs2 (ditutup)

Media Social, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *